Tag

, , , , , , ,

Suatu sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya dengan yang lain, berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Secara sederhana, suatu sistem dapat diartikan sebagai  suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variable, yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu [1].

si

Sumber

Informasi dapat didefisikan sebagai hasil pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi merupakan data yang telah diklasifikasikan, diolah, maupun diintepretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

Definisi sistem informasi adalah kumpulan informasi di dalam sebuah basis data menggunakan model dan media teknologi informasi digunakan di dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi. Di dalam suatu organisasi, informasi merupakan sesuatu yang penting di dalam mendukung proses pengambilan keputusan oleh pihak manajemen. Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen blok bangunan (building block), komponen input, komponen model, komponen teknologi, komponen hardware, software, basis data dan kontrol. Semua komponen tersebut berinteraksi satu sama lain sebagai suatu kesatuan untuk mencapai sasaran tertentu.

Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung kegiatan operasi dan majemen [1]. Dalam arti luas sistem informasi digunakan untuk merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data dan teknologi. Sistem informasi tidak hanya pada penggunaan teknologi informasi, tetapi juga mengenai cara manusia berinteraksi menggunakan teknologi informasi untuk mendukung segala aktivitasnya.

Menurut Raymond Mcleod, Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang. Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Sumber dari informasi adalah data.

Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Di dalam dunia bisnis, kejadian-kejadian yang sering terjadi adalah transaksi perubahan dari suatu nilai yang disebut transaksi. Kesatuan nyata adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi. Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu metode untuk menghasilkan informasi. Data dapat berbentuk simbol-simbol semacam huruf, angka, bentuk suara, gambar, dsb. [2]

Sumber

[1] Fatta, Al Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

[2] Mcleod, Raymond. 2001. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta, PT. Prenhallindo.